AL-FATH : RISALAH KEMENANGAN

Artikel

AL-FATH : RISALAH KEMENANGAN

Samsoe Basaroedin

 

Jama’ah Jum’at yang berbahagia,

Misi diturunkannya Islam dengan jelas ditegaskan di dalam surah Al-Fath (Kemenangan) ayat 28 : “Dia-lah (Allah) yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang Haqq, agar di-zhahir-kannya (agama yang haqq itu) di atas seluruh agama-agama yang lain. Dan cukuplah Allah sebagai saksi”. Berarti risalah Islam adalah agar umat Islam mencapai kemenangan paripurna dan komprehensif dalam kehidupan dunia ini, sebelum nantinya juga memetik kemenangan di alam akhirat berupa Taman Syurga. Kemenangan semacam itu, telah diwujudkan secara sempurna oleh Generasi Muslim Angkatan Pertama – Para Sahabat R. A. – dengan dipimpin langsung oleh Nabi Besar Muhammad SAW.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Dengan demikian, tertolaklah pemahaman parsial bahwa sah-sah saja umat Islam mengalami kekalahan dalam berbagai bidang di dunia kini, asalkan mereka di akhirat tetap masuk Syurga. Ini adalah pemahaman yang absurd dan kontradiktif yang merupakan apologia semata-mata. Kemenangan yang diajarkan Islam adalah kemenangan total yang berkesinambungan, diawali dari kemenangan di dunia fana ini dan berlanjut secara kontinu sampai ke Taman Syurga di alam akhirat yang baqa’.

Misi mencapai kemenangan tersebut, memang diprogramkan agar diwujudkan dalam konteks masyarakat multi-kultural, baik dalam makna kemajemukan etnis, kemajemukan bangsa, kemajemukan ideologi, dan sekaligus kemajemukan agama. Dalam suasana multi-kultural semacam itulah umat Islam wajib berjuang mengamalkan Islam dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sedemikian rupa sehingga mencapai kejayaan, keunggulan dan kemenangan.

Kaum Muslimin yang dimuliakan Allah,

Pantaslah apabila Rasulullah Muhammad SAW dan para sahabatnya R.A., dalam Al-Qur’an dipuji sedemikian rupa sebagai umat terbaik sepanjang zaman dari sejak penciptaan awal semesta alam sampai qiamat kubra di akhir zaman nanti : “Kalian adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk seluruh umat manusia, (karena kalian) menyuruh (berbuat) yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah”. (Qur’an surah Ali ‘Imran ayat 110). Ayat ini sekaligus menggambarkan kriteria-kriteria karakter utama yang harus diamalkan dalam rangka mewujudkan misi Islam mencapai kemenangan yang paripurna.

Jama’ah Jum’at yang berbahagia,

Penutup surah Al-Fath juga menggambarkan betapa mulianya karakter Rasulullah Muhammad SAW beserta seluruh sahabat-sahabatnya R. A. : “Muhammad adalah utusan Allah, dan orang-orang yang bersama dengan dia, bersikap tegas terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kalian lihat mereka ruku’ dan sujud mencari keutamaan dan keridhaan dari Allah. Pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud. Demikianlah perumpamaan mereka di dalam Taurat dan demikian juga perumpamaan mereka di dalam Injil, yaitu seperti benih yang mengeluarkan tunasnya, kemudian tunas itu semakin kuat, lalu menjadi besar dan tegak lurus di atas batangnya. Tanaman itu menyenangkan hati para penanamnya, karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang beriman). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal shaleh di antara mereka, ampunan dan pahala yang agung”.

Hadirin yang berbahagia,

Dengan demikian, kewajiban kita semua adalah bersinergi, bekerja sama, beramal jama’i, berhijrah dan berjihad mengamalkan Al-Islam dalam rangka mewujudkan kemenangan dan kejayaan umat Islam di seluruh penjuru dunia. Semoga Allah SWT meridhai kita semua. Aamiin Ya Rabbal ‘Aalamiin.

*)Diolah dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *